Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog

RM Manggar Manding merupakan pilihan tepat untuk pencinta wisata kuliner yang ingin merasakan masakan otentik Jogja yang semakin langka ditemukan.Menu kuliner unggulan di RM Manggar Manding adalah Gudeg Manggar, Brongkos, Bothok, Chicken Gordon Manggar with Spinach Rice, Ayam Goreng Kampung, Ayam Suwir Telur, Ca Kangkung, dan Gurameh Organik Bakar Madu. Sementara untuk minumnya, RM Manggar Manding menyediakan Mix Juices, Teh Jahe Merah, Teh Bathok, dan Wedang Sereh. Untuk kudapan, RM Manggar Manding menyediakan Special Ice Cream Mandng, Mendoan Kremes, Pastel Oreo Mozzarella with Milo Sauce, dan Lumpia Daging Saus Manding.

Nama Manggar Manding diambil dari “manggar” yang berarti putik bunga kelapa muda. Bahan tersebut digunakan sebagai pengganti nangka muda untuk sajian gudeg. Ternyata, penggunaan manggar sebagai pengganti nangka muda bukan sekadar untuk mengganti komposisi saja tetapi juga sebagai simbol perlawanan rakyat terhadap pemerintah yang memihak kepentingan Hindia-Belanda.Gudeg Manggar kemudian menjadi ikon “kuliner perlawanan” asal Bantul.

Gudeg Manggar merupakan hidangan kuliner kerajaan jaman dahulu. Makanan ini disajikan bersama dengan sayur krecek, tempe bacem, dan tempe mendoan.

Kelangkaan Gudeg Manggar membuatnya banyak diburu oleh pencinta kuliner. Rasanya secara umum sebenarnya sama saja dengan gudeg nangka muda sebab bumbu yang dipakai persis sama. Beda gudeg manggar dengan gudeg nangka muda hanyalah pada tekstur manggar yang lebih kriuk daripada nangka muda yang empuk. Menurut kepercayaan warga, gudeg manggar yang dicampur daging ayam memiliki cita rasa sangat khas dan tak tertandingi.

Yang membuat gudeg manggar menjadi langka adalah bahan manggar yang sulit didapat. Hanya bunga kelapa muda yang muda saja yang bisa dimasak menjadi gudeg manggar. Padahal, bunga ini hanya bisa dipanen sekali setahun.

Sewaktu memilih pohon kelapa untuk diambil manggarnya, pembuat masakan tidak boleh sembarangan. Hanya pohon kelapa yang ada di daerah kurang subur yang boleh diambil manggarnya karena pohon kelapa akan berbuah banyak dan berdaun tebal setelah manggar diambil.

Mengolah manggar pun tidak bisa sembarangan. Manggar muda dimasak bersama dengan berbagai macam rempah dan santan selama berjam-jam agar bisa membuat tekstur manggar tidak hancur. Semua ini perlu kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil jogja solo semarang di docar.co.id

Pengunjung yang sudah mencoba kuliner di RM Manggar Manding kebanyakan terkesan dengan rasa gudeg yang ada semburat rasa kelapanya. Mereka memang datang dengan rasa penasaran seperti apakah rasa gudeg manggar itu. Meskipun menurut mereka tidak ada bedanya dengan gudeg nangka, lauk yang disajikan sangat komplit dan mengenyangkan. Dari segi harga, pengunjung menilai harga tiap menu di RM Manggar Manding cukup murah.

Alamat : Jalan Parangtritis Km 11,5 Perempatan Manding Sabdodadi, Bantul

Jam Buka : Setiap hari, 09.00-21.00 WIB

Telepon : (0274) 368707

Share this post

Repost 0